fbpx
BlogUtama

Titip Sedekah untuk Keluarga Miskin Muslim Kamboja

[symple_button url=”https://goo.gl/forms/GukErFblQiPcnruG3″ color=”red” button_target=”_blank” btnrel=”nofollow”]TITIP SEDEKAH SEKARANG[/symple_button]

Bantu kami mewujudkan membuat Sumur & Toilet yang layak, serta Memberi Sembako untuk Keluarga Muslim tidak mampu di Kamboja. Buat Hidup mereka menjadi lebih layak, bersih & sehat. Sedekah Anda sempurnakan Iman mereka

Assalamualaikum, Perkenalkan nama saya Musthofa Agus Suwanto seorang guru di kota Surabaya dan menyenangi kegiatan membantu sesama, saya memiliki keluarga besar dari muslim Asli Kamboja sehingga membuat saya memahami keadaan saudara muslim kita disana.

Setiap bersilaturahim ke kerabat di komunitas muslim Kamboja, hati saya tergerak melihat kehidupan mereka yang serba kekurangan. Mereka hidup dalam lingkungan yang kurang layak, sanitasi yang kurang baik, sumber air yang kurang, dan sebagian besar tidak memiliki jamban.

Saat buang hajat saudara kita tersebut masih harus pergi ke daerah hutan atau daerah kosong, menggali tanah dan menutupnya kembali selepas hajat. Sumber air, mereka masih mengambil jauh dan menyimpannya setiap hari. Karena kekurangan yang diderita mereka tidak mampu untuk membuat sumur dan toilet. Bahkan kecukupan kehidupan sehari-hari juga kurang. Anak-anak bersekolah dengan apa adanya, dan banyak juga yang putus sekolah dikarenakan kondisi ekonomi yang mereka derita.

Saya berniat berjuang membantu mereka dengan GERAKAN TITIP SEDEKAH, dimana saya mengumpulkan titipan sedekah orang di lingkungan saya dan sekitarnya, sehingga saat bersilarahim kembali saya bisa mewujudkan membantu mereka membuat Sumur dan Toilet.

Kompong Tralach adalah sebuah daerah di timur selatan dari Propinsi Kompong Chhnang di tengah Kamboja, Ibu kota kabupaten adalah Kompong Tralach kota yang terletak 37 kilometer sebelah selatan dari ibukota provinsi Kompong Chhnang dapat dituju melalui jalan darat. Kabupaten berbatasan dengan provinsi Kandal di selatan dan Propinsi Kampong Cham ke timur.

Ou Ruessei, chrak romiet adalah salah satu perkampungan di distrik tralach dan terdapat komunitas muslim lebih dari 700 kepala keluarga, dan sebagian besar hidup miskin dalam kekurangan dan berada dalam lingkungan hidup yang kurang layak dan sehat. Mereka masih jauh dari bantuan didaerahnya. Bantuan biasanya datang dari Malaysia disalurkan melalui ustadz-ustadz yang sudah kenal dengan para donatur dari negeri jiran tersebut. Rumah-rumah dikomunitas minoritas muslim tersebut masih banyak terbuat dari daun rumbia, dengan sanitasi yang kurang layak dan tanpa adanya jamban atau toilet yang layak (tertutup dan tersedia air), menurut laporan Kementrian Pembangunan Desa kerajaaan Kamboja melaporkan bahwa 61,4% keluarga di kamboja tidak memiliki jamban. Mereka jika buang air besar masih harus pergi ke daerah hutan atau daerah kosong, menggali tanah dan menutupnya kembali selepas hajat. Kehidupan seperti tersebut bagi keluarga yang tidak memiliki toilet masih berjalan hingga hari ini.

Inilah sebagian kehidupan mereka sehari-hari (foto real mohon dengan hormat tidak digunakan tanpa seijin kami)

d98a7789bb648c098d67bbcffcdd1852a4005f9d

25580e5c58e7ec399e85d3989b582bba45a34d69    286aef56d9fc5ed70b6eb70d440616ff651ccd83

7ef3032b78e9828e5d3f1c348f5fb4bd1d5da878

Setiap tahun Saya bersilaturohim ke Kamboja, dan tetap saja hati ini tersentuh melihat keadaan saudara Muslim kita di Kamboja tersebut Dan selalu ingin membantu mereka meringankan beban yang dijalani sehari-hari dengan membuatkan toilet yang murah dan layak bagi keluarga muslim miskin disana. Dan pada kepulangan silaturohim tahun ini (Insya Allah bulan Ramadhan) Insya Allah saya membawa misi kebaikan dengan GERAKAN TITIP SEDEKAH untuk kaum muslim miskin di Kamboja.

Bersama seorang penduduk muslim setempat yang memiliki pengaruh bernama Sa Mat dan seorang ustadz setempat yang jujur dan amanah bernama Ustadz Mohamad Amin saya mengetuk hati para pejuang kebaikan di Indonesia untuk membantu kami mewujudkan toilet murah dan layak bagi mereka. Buat mereka saudara muslim kita tersebut, toilet adalah sarana impian utama agar hidupnya jadi lebih bersih dan nikmat dalam beribadah karena bersih dan suci.

Toilet yang akan kami bangun memiliki nilai proyek lebih adalah 4 jutaan pertoilet dan 3 750.000 per sumur  (ini sudah seluruh biaya mulai bahan, tukang dan yang mengurusi pembangunan) dan ditahap awal kami hendak mewujudkan 10 toilet dan 10 sumur yang layak. .

Setiap proyek amal yang dibangun dengan sederhana berangka kayu dan dinding Seng yang baik, didalamnya terdapat jamban dan lantai keramik yang bersih dan tempat atau wadah air baik permanen maupun tidak. Sehingga toilet tersebut bila memungkinkn dapat digunakan juga sebagai kamar mandi. (Lihat foto toilet sumbangan yang pernah dibangun).

Contoh Minimal seperti inilah toilet yang akan dibangun nantinya

a10f05860c712403c44a2efb5c1ce55cc8bc72af      TOILET SEHAT 8
Setiap satu proyek toilet yang berhasil kami bangun nantinya akan kami beri tanda dengan menempelkan plakat yang terdapat gambar bendera Kamboja dan Bendera Indonesia serta didalam plakat bertuliskan:

Project Toilets for poor muslim in cambodia
Ou Ruessei Chrak Romiet, Kompong Tralach
Kompong Chhnang, Kingdom of Cambodia
SEDEKAH IKHLAS DARI MUSLIM INDONESIA
project no. [No urut pembangunan] | [tanggal pembangunan]

Contoh plakat yang ditempel secara umum

ab30c91301922419e07f33d7bad669be515ce05c
Untuk para saudara dermawan yang berkenan memberi bantuan senilai satu proyek toilet, kami akan mencantumkan khusus nama pribadi donatur tersebut diplakat yang akan kami pasang (bila berkenan, bila tidak berkenan akan tetap kami pasang tulisan sumbangan dari muslim Indonesia)

Berikut Contoh tulisan untuk dermawan satu toilet langsung yang berkenan namanya dicamtumkan

Project Toilets for poor muslim in cambodia
Ou Ruessei Chrak Romiet, Kompong Tralach
Kompong Chhnang, Kingdom of Cambodia
SEDEKAH IKHLAS DARI HAJI FULAN
project no. [No urut pembangunan] | [tanggal pembangunan]

Contoh plakat yang ditempel bila secara perorangan menyumbang satu toilet untuk satu keluarga

6788cfde769380991ef941c3ef6b876275c84b56
Besar harapan kami hati saudara para dermawan terketuk untuk turut membantu saudara muslim kita tersebut hidup dalam bersih, sehat dan Iman mereka akan semakin kuat. Sebagian kebahagian mereka ada ditangan kita. Insya Allah akan kami jalankan dengan Amanah titipan Sedekah Ikhlas Saudara Dermawan yang Baol.
Kami juga tidak menutup Titipan sedekah lainnya berubah Pembuatan Sumur dan Pembagian Sembako.
Kontak Musthofa Agus Suwanto +62 856 484 03 444 (Call / WA / Line)
Kontak Sa Mat +855 88 237 6414 (dalam sedikit bahasa melayu dan kamboja)

[symple_button url=”https://goo.gl/forms/GukErFblQiPcnruG3″ color=”red” button_target=”_blank” btnrel=”nofollow”]TITIP SEDEKAH SEKARANG[/symple_button]

Jazakumullah Khairan Katsiran Wa Jazakumullah Ahsanal Jaza
Semoga Allah selalu melembutkan hati kita semua

Terima Kasih untuk para donatur yang telah mulai memberi Sedekahnya, untuk dari yang lain kami masih menunggu kelembutan hati saudara semua

No NAMA ASAL Kontak Donasi
 1  Hamba Allah Surabaya  Tidak ingin disebutkan  Rp. 200.000
 2  Alif Jatmiko Surabaya  Tidak ingin diseut  Rp. 300.000
 3  Hamba Allah  Jakarta  tidak berkenen  Rp. 425.000
 4  Hamba Allah  Surabaya  Tidak Berkenan  Rp. 750.000
 5  Sugeng Susilo Adi  Malang  Tidak Berkenan  Rp. 1.000.000
 6  Intan  Surabaya  Tidak Berkenan  Rp. 250.000
 7  Catur Nurhayati  Surabaya  Tidak Berkenan  Rp. 500.000
Dalam
Show More

Tulisan Terkait

Back to top button
Close
Close
%d blogger menyukai ini: