fbpx
UtamaWikiHow

CARA MENDAPAT NILAI BAGUS

Nilai bagus tidak lagi hanya bisa didapatkan oleh kutu buku. Jika kamu tidak serius belajar di sekolah, hal ini bisa mempengaruhi seluruh masa depanmu. Sukses di sekolah sangat penting bagi mereka yang ingin lebih cepat diterima di sekolah terbaik, mendapat pekerjaan terbaik, dan mengembangkan diri sebaik-baiknya. Untuk mulai mendapatkan nilai A, teruslah membaca!.

Bagian 1 dari 5: Menata Diri

1. Milikilah agenda atau kalender. Entah itu adalah agenda harian yang kamu bawa di tas, kalendar di dinding rumahmu, atau daftar yang harus dilakukan setiap hari. Semuanya dapat membantumu mengingat tugas-tugas yang harus diselesaikan dan membuatmu tetap tertata. Di awal pelajaran, jika kamu memiliki agenda, tuliskan setiap tanggal ujian, kuis, dan tugas. Lakukan hal ini untuk semua kelas.

  • Setiap hari, saat kamu pulang dari sekolah, periksalah kalendermu dan lihat jika ada yang harus dilakukan sebelum keesokan hari, sekaligus tugas-tugas untuk beberapa hari ke depan. Berilah tanda centang pada hal-hal yang sudah kamu lakukan

2. Aturlah loker/tas/meja tulismu. Mengatur hal-hal yang kamu gunakan setiap hari, membuat pikiranmu terasa bebas. Kedengarannya bodoh, tetapi jika lingkungan di sekitarmu terlihat sederhana dan teratur, pikiranmu dapat lebih berkonsentrasi pada hal-hal yang lebih penting. Seminggu sekali, bersihkan loker atau tas, dan aturlah meja tulismu. Semua ini hanya menghabiskan beberapa menit.

  • Kamu tidak akan kehilangan benda-benda jika kamu meletakkannya di tempat yang benar. Tas, meja tulis, atau loker yang penuh kertas akan membuatmu pusing dan frustasi

3. Buatlah jadwal belajar. Kamu memiliki kalender mingguan atau bulanan, tetapi kamu juga membutuhkan jadwal belajar mingguan. Tuliskan jadwal mingguanmu untuk melihat hal-hal yang harus diselesaikan. Dengan demikian, kamu mengetahui banyaknya waktu yang harus disisihkan untuk tiap kelas dan waktu untuk mempelajari satu pelajaran.

  • Gunakan akalmu untuk mengalokasikan waktu untuk kelas tertentu. Misalnya, Badminton membutuhkan waktu lebih sedikit dibandingkan Prinsip Mekanika.
  • Pastikan kamu memiliki agenda untuk menuliskan semua jadwal ujianmu, waktu untuk belajar, dan batas waktu pengumpulan PR.

Bagian 2 dari 5: Menyerap Informasi

1. Ketahuilah gaya belajarmu. Satu hal yang pasti adalah orang-orang tertentu tidak bisa menggunakan gaya belajar tertentu. Sebagian orang belajar dengan menggunakan tangan, sebagian dengan mata, dan sebagian dengan telinga (dan lainnya gabungan ketiganya). Jika kamu tidak bisa mengingat sesuatu yang dikatakan gurumu, mungkin gaya belajarmu salah.

  • Jika kamu sudah mengetahui gaya belajarmu, kamu bisa melatih cara yang terbaik untukmu belajar. Apa kamu mengingat sesuatu yang pernah kamu lihat dengan baik? Pelajari catatan itu dan buatlah grafik! Hal-hal yang kamu dengar? Datanglah ke kelas dan rekamlah penjelasan gurumu. Hal-hal yang kamu lakukan dengan tangan? Ubahlah suatu konsep menjadi sesuatu yang bisa kamu buat.

2. Bacalah buku paket. Meskipun buku itu membosankan dan monoton, tetapi sangat berguna – terkadang guru tidak pernah memberikan informasi apa pun di kelas! Setelah membaca sebuah paragraf, ingatlah semuanya di kepalamu tanpa melihat. Kemudian bacalah ulang. Hal ini akan membuatmu lebih mengingat informasi yang kamu baca untuk waktu yang lebih lama. Cara ini sangat efektif jika kamu tidak memiliki banyak waktu untuk belajar.

  • Seringkali hal-hal yang disebutkan di kelas, yang juga tertulis di buku, merupakan hal-hal paling penting. Jika kamu menemukan informasi ini saat membaca, tebalkan. Kamu akan dengan mudah mencari informasi ini jika suatu waktu ingin mencarinya.
  • Jangan membaca sepintas. Berkonsentrasilah pada inti pelajaran (tulisan yang dicetak tebal, dimiringkan, dan lainnya) untuk membuatmu mengingatnya. [1]Jika kamu bisa memahaminya, bagus! Jika tidak, baca lebih dalam lagi.

3. Catatlah hal-hal penting. Untuk kebanyakan mata pelajaran di SD, SMP, dan universitas, kebanyakan hal-hal yang keluar di ujian dan tugas sudah pernah dibahas dalam kelas. Jika gurumu menggambar diagram di papan tulis, salinlah – hal ini akan membantumu mengingat informasi.

  • Tulislah catatan yang baik dan bisa dibaca. Gunakan stabilo jika ada sesuatu yang ingin kamu cari dengan cepat melalui catatanmu, tetapi jangan terlalu banyak menebalkan atau semuanya percuma. Menggunakan bolpen warna akan terasa menyenangkan jika kamu menginginkan catatan yang lebih kreatif, tetapi hanya gunakan untuk bagian-bagian yang mungkin akan keluar di ujian atau penting.

4. Belajarlah dengan efektif. Menghabiskan semalam untuk membaca buku dan merasa tidak mendapatkan informasi apapun dari buku itu, sangatlah buruk. Daripada tertidur saat membaca buku, cobalah hal-hal berikut:

  • Buatlah petunjuk belajar dan bacalah. Bacalah buku paket dan tuliskan semua ide penting dan rinciannya di catatanmu. Pelajari lagi dan lagi hingga kamu memahaminya dengan baik. Jika kamu sudah menulisnya, kamu mungkin akan lebih mengingatnya.
  • Mintalah seseorang memberimu ujian tentang petunjuk belajar. Mengatakan sesuatu keras-keras lebih mudah untuk diingat dibandingkan mengingat hal yang sama berulang-ulang. Saat kamu harus menjelaskannya pada orang lain, hal ini memaksamu untuk memahami, tidak hanya mengetahui.
  • Ciptakan cara yang menyenangkan untuk belajar. Buatlah flash card, undanglah temanmu, atau bergabunglah dengan klub tugas setelah sekolah jika kamu bisa, untuk mendapatkan bantuan dari guru atau teman sekelasmu. Kamu bisa membuat permainan menggunakan papan untuk membuat belajar lebih menyenangkan dan mudah atau kamu bisa mengetik catatanmu untuk membuatnya lebih mudah dibaca. Lakukan sebanyak mungkin hal-hal yangn membantumu memahami bahan pelajaran

5. Berpartisipasilah di kelas. Kamu sudah menyelesaikan tugas sehingga kamu sudah siap untuk berpartisipasi di kelas. Tunjukkan bahwa kamu memahaminya! Ada beberapa alasan mengapa hal ini adalah ide bagus. Yang paling penting adalah dengan berpartisipasi di kelas, kamu akan mengingat dengan baik hal-hal yang kamu pelajari dari tugas tersebut (sebelumnya kamu mudah melupakannya).

  • Alasan keduanya adalah hal ini akan membuatmu mengingat informasi itu dengan baik di otakmu. Mengatakannya keras-keras (terutama di kelas, yang lebih membuatmu stres dibandingkan mengatakannya pada teman) menggunakan bagian lain otakmu, dan tidak hanya sekedar menulisnya. Dengan cara ini, kamu akan mengingat semuanya.
  • Alasan ketiga adalah gurumu akan menghargainya. Tidak ada guru yang menyukai kelas yang hening. Dapatkan perhatiannya dan kamu akan diperlakukan lebih baik saat penilaian atau saat kamu meminta nilai tambahan.

.

6. Mintalah bantuan. Jika kamu tidak yakin tentang hal-hal yang dibutukan untuk mendapatkan nilai yang bagus atau kamu berjuang dengan pelajaran, mintalah bantuan gurumu. Tidak harus pertanyaan yang rumit; gurumu akan dengan senang hati membantumu. Tanyakan setelah kelas, selama jam kerja, atau kirimkan surel untuk meminta bantuan. [2]

  • Seringkali kita lebih mengingat hal-hal yang diberitahu saat tatap muka dibandingkan yang kita dengar dari penjelasan di kelas. Selain sesi belajar khususmu, gurumu akan menghargai usahamu dan mungkin mulai menyukaimu. Memiliki guru yang menyukaimu bisa sangat, sangat, sangat menguntungkan

Bagian 3 dari 5: Kerjakan Tugasmu

1. Kerjakan tugas sekolah segera setelah pulang. Pengaturan waktu sangatlah penting. Jika kamu diberi tugas yang harus dikumpulkan minggu depan, jangan menunda-nunda, mulailah mengerjakannya beberapa hari setelah pemberian tugas. Semakin banyak waktu yang kamu miliki, semakin kamu tidak akan merasa terlalu stres.

  • Jika memungkinkan, selesaikan tugas setidaknya dua atau tiga hari sebelum dikumpulkan. Hal ini untuk menghindari keadaan darurat di menit-menit terakhir seperti anjingku memakan kertasku, ajakan pesta, kehabisan tinta printer, sakit, urusan keluarga, dan lainnya. Kebanyakan guru akan mengurangi poin jika kamu terlambat mengumpulkan. Beberapa guru malah tidak menerima tugas yang terlambat.
  • Tugas sekolah memiliki porsi besar untuk nilaimu. Jika gurumu memberikan tugas untuk menambah nilai, kerjakan! Kamu tidak akan rugi jika mengerjakannya. Meskipun ada jawaban yang salah, gurumu tetap akan melihat usahamu untuk belajar lebih

2. Dahulukan tugas. Tentukan tujuanmu dan pastikan kamu mencapainya sebelum pergi keluar dan berpesta. Kehidupan sosial memang penting, tetapi nilaimu dapat mempengaruhi banyak pilihan masa depanmu. Jadwalkan waktu setiap hari untuk belajar, seperti kamu menjadwalkan kencan atau pesta.

  • Kamu bisa memberi dirimu hadiah jika sudah menyelesaikan tugas! Setelah kamu menyelesaikannya, waktunya untuk menonton TV, makan, atau berpesta. Kalau semua itu masih kurang, mintalah orang tuamu untuk memberikanmu sesuatu. Mereka juga ingin kamu mendapatkan nilai yang bagus!

3. Belajarlah dengan teman-teman. Belajar mempersiapkan ujian bersama teman-teman sangatlah menguntungkan, lalu mengapa tidak mengerjakan tugas bersama teman-teman juga?! Tidak hanya kamu akan terus termotivasi (dan mungkin tertarik dengan kelasnya), tetapi kamu juga bisa menggabungkan tingkat kehebatanmu dan menyelesaikan semuanya lebih cepat, efektif, dan kreatif.

  • Kuncinya adalah memilih teman yang tidak akan membebanimu. Kamu tidak ingin bekerja dengan seorang teman yang membuatmu melakukan semua tugas. Atau teman yang tidak menginginkan kalian berdua untuk mengerjakannya! Pilihlah teman yang memiliki tujuan yang sama sepertimu

.

4. Jangan menjiplak. Cara tercepat untuk mendapatkan nilai nol dalam tugas adalah menjiplak. Teknologi sekarang ini sudah sangat canggih dan gurumu akanmengetahui jika kamu menyontek. Entah dari Google Translate atau pidato Martin Luther King Jr., beliau akan mengetahuinya. Jadi jangan mengambil risiko.

Bagian 4 dari 5: Mempersiapkan Ujian

1. Belajarlah dengan teman. Belajar dengan banyak orang menguntungkan saat belajar. Berbagi ide satu sama lain dan menggabungkan pengetahuan adalah bahan pembelajaran yang sangat berharga. Hanya saja, pastikan bahwa kamu tidak saling mengganggu!

  • Hal ini akan mengumpulkan informasi dengan cara yang menyenangkan dan mudah diingat. Saat kamu harus menjelaskan sesuatu pada temanmu, otakmu harus menyederhanakannya, bukan hanya menjelaskannya secara mentah-mentah. [3] Buatlah flash card dan belajarlah satu sama lain untuk mempelajari semua bahan

2. Gunakan strategi untuk mengingat. Hal-hal seperti jembatan keledai dapat membantumu mengingat hal-hal yang susah kamu ingat. Misalnya mejikuhibiniu untuk menghafalkan urutan warna pelangi atau jembatan keledai untuk menghafalkan urutan planet. Mengapa melakukan hal ini? Karena cara ini sangat efektif untuk membantumu mengingat sesuatu!

  • Kamu juga bisa mengaitkan suatu hal dengan hal yang lain. Jika kamu mencoba mengingat bahwa India dulunya adalah koloni Inggris, bayangkan ratu Inggris jogging di sekitar Taj Mahal. Saat ujian, kamu mungkin tidak mengingat hal-hal yang sebenarnya harus kamu ingat, tetapi kamu cukup mengingat kaitan ini

3. Belajarlah di tempat yang tepat. Hal yang paling utama adalah kamu membutuhkan tempat yang baik dan tenang untuk belajar. Pastikan kamu membawa sweater jika kamu kedinginan, kursi yang bagus dan nyaman, cokelat hitam (tenaga untuk otak! [4]), sebotol air, dan apa pun yang kamu butuhkan. Dengan begitu, kamu tidak akan mengalami terlalu banyak gangguan.

  • Penelitian juga menunjukkan bahwa kamu harus belajar di lebih dari satutempat. Kelihatannya lucu, tetapi otakmu berhubungan dengan lingkunganmu. Jadi semakin sering otakmu berhubungan dengan lingkungan, semakin banyak informasi yang kamu dapatkan. Carilah tempat-tempat yang memiliki kursi nyaman dan belajarlah di sana!

.

4. Hentikan belajar terlalu lama. Meskipun terkadang tidak bisa dielakkan, belajar terlalu lama tidaklah baik. Sebenarnya, beristirahat sangat baik untuk otakmu dan membantumu mendapatkan informasi lebih. Cobalah untuk belajar selama 20-50 menit, dengan selang istirahat 10 menit. [5]

  • Lebih baik belajar seminggu penuh. Beberapa sesi dapat membuatmu mengingat informasi lebih baik dan akhirnya kamu mampu mengetahui seberapa dalam kamu memahaminya, yang akan membuatmu santai dan percaya diri.

5. Bersantailah. Lebih mudah mengatakannya dibanding melakukannya? Ingat – kamu sudah memiliki semua jawabannya di kepalamu! Satu-satunya tantanganmu adalah mengeluarkannya! Naluri pertamamu biasanya hampir selalu benar. Jangan mengganti jawabanmu. Jika kamu tidak yakin, lewati dan kembalilah lagi nanti.

  • Selalu membaca pertanyaan dalam ujian. Membaca dengan cepat mungkin malah akan membuatmu melakukan hal sebaliknya yang harus kamu lakukan.
  • Jika kamu tidak yakin dengan maksud kata-kata dalam pertanyaan ujian, tanyakan pada gurumu. Selama kamu tidak meminta jawaban pertanyaannya, hanya menanyakan maksud pertanyaannya; beliau biasanya akan menjawab

.

6. Tidurlah yang cukup. Kamu perlu tidur untuk tetap fokus, dan tanpa tidur kamu akan kesulitan untuk mengerjakan sesuatu dan mungkin melupakan hal-hal yang baru saja kamu pelajari. Itu adalah salah satu alasan belajar terlalu banyak tidak baik!

  • Tidur itu menyenangkan. Kurang tidur dapat menyebabkan kecelakaan, membuatmu bodoh, dan menyebabkan masalah kesehatan. [6] Jika kamu harus memilih antara satu sesi belajar terakhir dan tidur, pilihlah untuk tidur.

Bagian 5 dari 5: Membuat Keputusan untuk Mendapat Nilai A

1. Pilihlah kelas yang tepat. Di universitas, meskipun terkadang di sekolah juga, kamu tergoda untuk mengambil kelas yang terlihat sangat hebat atau bahkan tidak kamu pahami. Meskipun mengambil kelas yang sulit itu baik dan kamu bisa belajar banyak, ambillah hanya satu atau dua kelas. Jika semua kelasmu berhubungan dengan ilmu roket, kamu akan kewalahan. Ambil beberapa kelas yang sulit. Otakmu pantas untuk beristirahat!

  • Pilihlah jumlah kelas yang tepat juga. Sangat sibuk juga tidak akan membantumu. Kapan kamu akan belajar? Ambillah kelas dengan jumlah normal (4 atau 5 kelas setiap semester untuk universitas) dan lakukan yang terbaik. Lebih baik melakukan sesuatu yang sedikit tetapi hasilnya baik dibandingkan banyak tetapi hasilnya biasa-biasa saja

2. Datang ke kelas. Cara paling sederhana untuk mendapakan nilai bagus adalah datang ke kelas pertama kali. Tidak hanya kamu akan mendapatkan kredit kehadiran (diharapkan), tetapi kamu juga tidak akan ketinggalan pengumuman, konsep yang ditekankan oleh guru, atau bonus pertanyaan yang ada di kelas (licik bukan?).

  • Jika hasil ujianmu berada di batas penilaian, masuk kelas akan membantumu. Guru sering memperhatikan daftar kehadiran untuk melihat jika nilai siswa perlu dibulatkan ke atas atau ke bawah dalam situasi tertentu. Ambillah kesempatan ini dan lakukan!

3. Ikuti perkembangan nilaimu. Kamu tidak akan mendapatkan nilai tinggi jika kamu tidak bertujuan untuk mendapatkannya. Beberapa sekolah memiliki situs web daring untuk melihat nilaimu kapan pun kamu mau. Gunakan fasilitas ini dan pastikan kamu mendapatkan nama pengguna dan sandi dari gurumu. Jika tidak, mintalah nilai pada gurumu untuk mengetahui nilaimu.

.

4. Makanlah sarapan yang baik dan sehat setiap hari. Jika siswa makan sarapan yang baik dan sehat setiap pagi, mereka akan mendapat nilai bagus dan bisa lebih fokus di sekolah.[7] Bahkan, jika kamu tidak lapar di pagi hari, bawalah sesuatu untuk kamu makan nanti.

  • Kamu tidak ingin kelaparan – bukan makan sebanyak-banyaknya dan sakit perut. Daripada memakan omelet, makanlah semangkuk sereal dan buah jeruk. Kamu akan lebih fokus pada studimu dibandingkan suara lapar perutmu

5. Latihlah ingatanmu menggunakan permainan. Biarkan otakmu bekerja – cobalah latihan puzzle yang menyenangkan setiap hari seperti teka-teki silang, sudoku, dan permainan lain yang mudah dilakukan siapapun. Hal ini akan meningkatkan kemampuan otakmu dan kamu akan bisa mengingat lebih banyak informasi di sekolah.

  • Situs web seperti Lumosity [8] dan Memrise[9] adalah sumber pembelajaran yang bagus! Kamu bahkan bisa memasukkan informasi yang ingin kamu pelajari di Memrise!

.

6. Gunakan waktumu dengan bijak. Jika kamu diberi waktu 1 jam untuk menyelesaikan 120 pertanyaan ujian, maka setiap pertanyaan membutuhkan 30 detik. 30 detik merupakan waktu yang lama. Banyak pertanyaan bisa diselesaikan kurang dari 30 detik, jadi kamu bisa menggunakan sisa waktunya untuk mengerjakan soal yang lebih sulit. Jangan terlalu memikirkan waktu, dan jangan biarkan dirimu terganggu oleh detakan jam.

  • Batas waktu terkadang bisa berubah. Jika kamu benar-benar membutuhkan tambahan waktu 5 menit, mintalah. Kebanyakan guru akan memberikan kelonggaran waktu untuk siswa yang rajin yang membutuhkan sedikit waktu lebih.

7. Jangan takut untuk menjadi hebat. Jangan khawatir jika orang lain berpikir bahwa kamu seorang perfeksionis dan sangat ingin berprestasi. Bekerja kerasalah selama yang lainnya bercanda di kelas. Dalam beberapa tahun kamu tidak akan melihat mereka lagi, tetapi kamu akan melihat nilai A dan B di transkripmu yang bisa saja bernilai C dan D jika kamu tidak belajar!

6. Milikilah map yang besar dan berilah label. Simpanlah kertas-kertasmu di dalam map sehingga kamu bisa mencari hal yang benar pada saat yang tepat. Jika kamu memiliki meja tulis, letakkan mapnya di meja. Jika kamu memiliki loker, kamu bisa meletakkan mapnya di tas bukumu di lokermu, saat makan siang kamu bisa meletakkannya di loker makan siang, dan kapanpun yang kamu inginkan

TIPS

  • Jadilah orang yang positif dan jangan menyerah. Selalu mencoba yang terbaik dan pastikan kamu melakukannya sesuai standar terbaik yang mungkin.
  • Buatlah dokumen yang bisa kamu gunakan untuk melacak nilaimu untuk melihat jika nilaimu sudah meningkat.
  • Tanyakan pada gurumu jika kamu bisa membuat esai atau soal-soal tambahan untuk mendapatkan nilai tambahan. Jika beliau mengatakan ya, kumpulkan keesokan harinya. Jika beliau mengembalikannya sebelum ujian, kamu dapat melihat kesalahanmu dan memperbaikinya.
  • Carilah informasi tambahan tentang hal-hal yang kamu pelajari. Hal ini akan menambah pemahamanmu, membuatnya lebih menarik, dan membuatnya lebih mudah untuk diingat. Gurumu akan terkesan jika kamu bisa menambahkan informasi dalam esai atau ujian yang tidak kamu pelajari di kelas.
  • Kamu mungkin harus mengurangi hiburanmu untuk berhasil. Siswa-siswi terbaik mengetahui cara mengatakan, “Tidak, saya tidak bisa bepergian karena harus belajar. ” Beberapa teman mungkin akan mengejekmu, tetapi teman-teman sejatimu akan mengerti. Akan tetapi, ingtlah bahwa terkadang kamu harus beristirahat sejenak atau kamu akan terlalu lelah dan mendapat nilai lebih jelek. Sangat penting untuk menyeimbangkan studi dan kehidupan sosialmu.
  • Terkadang sangat membantu jika kamu memberi hadiah pada dirimu sendiri. Jika kamu mendapat nilai bagus, kamu boleh tidak belajar sehari.
  • Membaca setiap malam dan tanyakan pertanyaan-pertanyaan tentang hal-hal yang baru saja kamu baca untuk mengingatnya. Hal ini juga menunjukkan kekuranganmu dalam memahami bacaan.
  • Susunlah tempat belajarmu. Pastikan semuanya tersusun rapi dan dapat ditemukan dengan mudah. Seperti yang dikatakan para mahasiswa, belajar di lingkungan yang berantakan akan mengganggu proses belajarmu. Pastikan kamu memiliki semua hal yang kamu butuhkan untuk kelas.
  • Memiliki tujuan kecil akan membantu. Tujuanmu harus mencoba meningkatkan nilai perlahan-lahan dan akhirnya mendapatkan nilai A. Jika kamu ingin mendapatkan nilai A secara langsung, akan membuatmu merasa tidak dihargai dan terlihat sangat sulit untuk dicapai.

PERINGATAN

    • Membentuk kebiasaan belajar yang buruk atau mengabaikan pembelajaran akan menghalangi masa depanmu. Meskipun kelihatannya masa depanmu masih lama, tetapi sebenarnya tidak.
    • Jika kamu dihukum karena nilai jelek, pastikan untuk berusaha untuk lebih baik meskipun kamu sudah melakukannya beberapa tahun terakhir. Selalu ada waktu untuk peningkatan!
    • Jangan bermain dengan teman-teman yang tidak serius belajar. Selalu dekati teman-teman yang pandai meskipun teman-temanmu menertawaimu. Ini adalah nilai dan masa depanmu; apa yang kamu pelajarilah yang akan kamu dapatkan nantinya.
Dalam
Show More

Tulisan Terkait

Back to top button
Close
Close
%d blogger menyukai ini: