Ingin mengesankan murid? Atau anda sedang mencari cara seru untuk mengajar di kelas? Anda punya ide untuk permainan yang hanya anda dan teman anda yang akan mengerti? Menciptakan Board Game anda sendiri dapat memuaskan diri sendiri, anak anda, atau kelas anda. Boardgame sudah sedemikian banyak dikenal, seperti, halma, ulartangga, monopole, scrable dan lain-lain. Ikuti instruksi ini untuk membuat ide Board Game anda menjadi kenyataan.
[box style=”0″]Bagian 1 dari 3: Mendesain Permainan
1. Tulis ide anda. Membuat catatan di buku atau komputer membantu anda untuk mendapat ide bagus. Gunakan catatan ini untuk menulis semua ide tentang permainan anda. Hal ini akan membantu anda memisahkan ide yang bagus dengan yang buruk. Ada dua pendekatan dalam mendesain permainan ini yaitu : Tema dan Mekanik. Dua konsep ini adalah fondasi dari semua Board Game.[1]
- Tema adalah inti dari permainan, dapat juga dipakai sebagai genre. Permainan seperti Sorry! punya tema simpel dalam mengalahkan lawan anda dimana permainan kompleks akan memiliki tema tentang konflik besar dan strategi pemain.
- Mekanik adalah cara dasar pemain berkomunikasi dengan permainan. Dalam monopoli, mekanik berkutat seputar dadu, beli membeli property, dan membuat uang. Di Axis & Allies, mekanik berkutat seputar menggerakan poin besar di antara papan yang disambung, dengan menggunakan dadu untuk menyelesaikan konflik antara pemain.
- Tidak ada benar dan salah saat memulai mendesain permainan anda. Beberapa orang mulai dari mekanik lalu ke tema, dimana orang lain membuat tema dulu lalu membuat mekanik yang sesuai dengan tema.
2. Tentukan rentang usia pemain. Mengetahui rentang usia membantu anda mengembangan peraturan permainan yang sesuai dengan target usia anda. Sebagai contoh, jika anda mendesain untuk anak kecil, temanya harus simpel, menyenangkan, dan mudah dimengerti. Untuk orang dewasa, anda perlu mendesain sesuatu yang menarik dan kompetitif.
3. Tentukan tujuan. Ketika anda punya ide dasar dari permainan anda, tentukan juga tujuan yang akan membantu anda membentuk permainan anda. Tanyakan pada diri anda sendiri pengalaman seperti apa yang ingin pemain anda rasakan, apa yang ingin anda capai dari permainan ini. Pertimbangkan beberapa hal berikut ini:
- Berapa pemain yang bisa terlibat dalam permainan ini. Apakah dua orang sudah cukup menyenangkan? Atau lebih?
- Pikirkan berapa lama permainan ini akan berlangsung. Pikirkan juga permainan pertama dimana para pemain akan masih beradaptasi dan mempelajari permainan ini.
- Tanyakan diri anda sendiri seberapa kompleks permainan ini akan menjadi. Beberapa orang menyukai permainan yang kompleks dengan petunjuk yang tebal dimana orang lainnya suka permainan yang lebih simpel dan mudah.
- Pertimbangkan seberapa banyak permainan anda akan bergantung dengan untung atau skil.
Tentunkan bagaimana cara pemain akan menang. Akhir dari Board Game adalah aspek yang krusial karena pemain perlu tujuan akhir sebagai penyemangat untuk menang. Pertimbangkan cara yang berbeda bagi pemain untuk menang.
6. Tulis peraturan dasar. Hal ini mungkin akan berganti selama permainan dikembangkan, tapi peraturan dasar dapat membuat anda bisa segera mencoba permainan anda. Selalu ingat kondisi untuk menang dan pastikan semua mekanik jelas.
[/box][box style=”0″]
Bagian 2 dari 3: Mengetes Permainan
1. Buat permainan tes. Sebelum anda mulai bekerja dengan permainan sebenarnya, buatlah permainan tes kasar sehingga anda dapat mencoba-coba mekanik. Tidak perlu terlalu cantik, anda hanya perlu untuk melihat apakah dasar ini sudah bekerja sebagaimana mestinya.
- Hilangkan penanda atau lempengan dari stok kartu atau kartu indeks.
- Gunakan koin atau chip poker sebagai penghitung.
2. Sketsa draf kasar dari desain papan. Hal ini membuat anda bisa menentukan detil lebih atau kurang dalam desain final. Tergantung dari tema dan mekanik permainan anda, papan anda bisa memasukkan atau tidak memasukkan elemen ini:[2]
- Jalur. Pastikan untuk menambah tempat mulai dan mengakhiri serta membuat direksi yang jelas bagi para karakter untuk bergerak. Tentutkan apakah akan membagi atau menambah jalur untuk menambah variasi atau panjang waktu permainan.
- Area bermain. Hal ini adalah kebalikan dari jalur. Permainan yang memiliki area tidak memerlukan jalur. Risk adalah contoh permainan yang memakai area bermain dibanding jalur.
- Posisi untuk mendarat. Hal ini dapat ditentukan oleh bentuk (kotak, lingkaran, segitiga) atau objek yang digambar / lokasi (batu, pulau, awan). Pastikan kalau beberapa posisi akan mengarahkan ulang pemain, menginstruksikan mereka untuk mengambil kartu, atau menyebabkan mereka kehilangan atau memperoleh item. Ketika mendesain posisi yang bisa memindahkan pemain ke posisi lain, hati-hati untuk tidak membuat efek domino (contoh : Posisi “Mundur Dua Langkah” akan memindahkan pemain ke posisi “Maju Lima Langkah”).
- Kartu bermain. Kartu yang random akan menambah variasi dalam permainan. Sebuah kartu biasanya menceritakan cerita cepat yang mempengaruhi pemain seperti penambahan atau pengurangan nilai dan bisa juga memindahkan posisi pemain. Memiliki banyak kartu akan membuat permainan semakin menarik.
Tes prototype. Ketika anda sudah memiliki semua bagian dasar untuk draf kasar anda, anda dapat mulai mengetes permainan dan melihat bagaimana permainan berjalan. Sebelum menunjukkannya ke orang lain, mainkan dulu sendiri dengan memainkan dengan seluruh karakter. Akan cukup sulit untuk melawan diri sendiri, namun anda akan mendapat banyak informasi.
- Selalu tulis apa yang berhasil dan apa yang tidak dan buatlah perubahan yang menurut akan cocok dengan permainan dan komponen lainnya.
- Coba untuk pecahkan permainan anda dengan mengetes melawan diri sendiri. Lihat apakah ada cara dimana pemain bisa selalu menang jika melakukan cara tertentu, atau ada aturan yang kurang cocok.
4. Mainkan dengan teman dan keluarga. Ketika anda sudah cukup memainkan permainan anda sendiri, cobalah untuk tes yang sebenarnya. Kumpulkan teman atau saudara dan jelaskan pada mereka bahwa anda hendak mencoba permainan baru. Biarkan mereka tahu kalau permainan ini masih dalam tahap pengembangan dan anda menghargai setiap masukan.
- Buatlah catatan saat permainan berlangsung. Catat ketika ada seseorang yang tidak terlihat senang, atau ketika peraturan terasa membingungkan. Perhatikan bagaimana permainan berakhir. Jika satu pemain selalu jauh lebih unggul, lihat bagaimana itu terjadi. Board Game lebih seru jika ada suasana kompetitif.
- Jangan membela diri ketika dikritik. Kritik berguna untuk membuat permainan anda semakin bagus dan menyenangkan bagi seua orang orang, jadilah sopan dan tulis semua itu.
- Jika memungkinkan, coba lihat bagaimana permainan berlangsung tanpa anda terlibat. Hal ini akan membantu anda melihat bagaimana sekelompok orang yang tidak familiar dengan permainan itu bermain.
5. Tes dengan orang yang berbeda. Coba dapatkan pemain yang berbeda memainkan permainan anda. Setiap orang memainkan ini dengan berbeda, dan banyak mengetes akan membuat permainan anda semakin cocok dengan semua orang. Semakin banyak yang memainkan permainan anda, semakin anda akan menemukan kekurangan dari permainan anda.
6. Perbaiki permainan anda. Setelah anda menyelesaikan permainan tes, buatlah perubahan di papan anda, peraturan, atau komponen untuk membuatnya lebih seru dimainkan. [3]
[/box][box style=”0″]
Bagian 3 dari 3: Membuat produk final
1. Mengumpulkan material anda. Setelah proses tes anda sudah selesai dan anda sudah puas dengan hasilnya, anda bisa memulai untuk membuat versi final dari permainan anda. Buatlah daftar dari apa yang permainan final anda butuhkan.
- Board Game biasanya berkisar antara papan, atau papan binder. Hal ini memberi perasaan profesional bagi permainan anda.
- Anda dapat memakai papan permainan lama anda sebagai dasar jika anda tidak ingin membeli yang baru.
- Gunakan cardstock untuk digunakan sebagai kanvas dari papan anda.
- Potong kartu main atau beli sebungkus kartu kosong dari toko hobi.
- Tekan lingkaran keluar dari cardstock untuk digunakan sebagai token atau penghitung.
2. Ilustrasikan papan anda. Papan permainan anda adalah pusat dari Board Game anda, jadi anda bebas untuk berkreasi dengan desain. Pastikan jalur atau area bermainnya jelas dan semua instruksi di papan mudah dibaca.
- Tidak ada batasan barang yang anda gunakan untuk mendesain papan. Apapun dapat anda gunakan.
- Buat desain papan anda semenarik mungkin sehingga akan menangkap perhatian dari para pemain.
3. Buatlah lempengan permainan. Anda bisa mengambar di kertas lalu ditempelkan ke material tebal seperti cardstock. Jika anda membuat permainan untuk keluarga atau teman, anda bahkan bisa memakai foto pemain. Jika anda ingin mengeluarkan uang sedikit, anda dapat menggunakan bantuan profesinal untuk membuat bagian ini.
- Untuk membuat lempengan anda berdiri, potong sedikit cardstock anda sehingga ada dapat membuat lipatan segitiga 3D (seperti penahan pigura foto), lalu tempelkan di belakang lempengan anda.
- Cara lain untuk membuat lempengan anda berdiri adalah untuk menempelkan busa di bawah lempengan anda.
4. Membuat material tambahan. Jika permainan anda melibatkan pengunaan dadu, anda dapat menggunakan dadu lama anda, atau bisa juga membuatnya sendiri. Untuk melakukan ini, anda memerlukan pin, potongan bulat dari cardstock, panah cardboard, dan spidol. Tempelkan pin melalui panah dan lempengan cardboard lalu gambar hasilnya.
5. Coba lihat hasil cetak 3D. Jika anda benar-benar ingin permainan anda menarik, cobalah lempengan cetak 3D. Anda perlu mengirimkan model 3D ke perusahaan yang membuat hal ini, tapi hasilnya akan terlihat seperti lempengan custom dari permainan yang ada di toko.
[/box] [box style=”0″]Tips
- Jangan lupakan sampul depan! Buat itu terlihat kreatif dan penuh warna tergantung tema permainan.
- Jika anda membuat buku peraturan, buat itu terlihat rapi dan mudah dibaca.
- Cobalah berkreasi dengan peraturan.
- Sebagai contoh, dibanding bergerak dalam jarak yang sama di jalur main, berikan pemain token khusus untuk bergerak dengan arah yang berbeda di periode waktu tertentu.
- Tambahkan ruang permainan yang membawa anda ke ruang lain atau melipatgandakan giliran anda berikutnya.
- MIiiki tujuan akhir yang berbeda dibanding sekedar mencapai garis akhir.
- Buat kartu yang menunjukkan warna apa untuk bergerak (seperti di Candy Land).
- Dapatkan pendapat atau ide dari pemain lain sebelum memfinalisasi permainan anda. Tanyakan teman, keluarga lalu pikirkan “Apakah ini yang saya mau?” Ingat, teman dan keluarga andalah yang akan juga memainkan permainan ini.
- Jangan membuat permainan dengan tema yang tidak jelas karena dapat membingungkan pemain anda.
- Anda dapat menggunakan papan ilustrasi (sering digunakan ilustrator untuk menggambar)
- Jika Board Game anda melibatkan kotak rata, gunakan penggaris untuk mendesainnya sehingga terlihat rapi dan bagus.
- Buat Board Game mini. Anda dapat menggunakan tutup botol sebagai lempengan.
- Anda dapat mempertimbangkan untuk mendesain peraturan dasar dan yang berkembang tergantung siapa yang akan memainkannya. Jika diimplementasikan dengan benar, versi simpel dapat digunakan saat memperkenalkan permainan ini dan versi berkembang dapat digunakan saat semua orang sudah terbiasa dengan aturan dasar.
- Jika anda tidak memiliki akses pada printer 3D, buatlah lempengan dengan mencetak tokoh kartun lalu menempelkannya pada penghapus.
Peringatan
- Pastikan peraturan anda adil. Tujuan dari permainan adalah memberikan pengalaman yang menarik, menyenangkan dan positif – dan tidak menimbulkan kesalahpahaman dari pemain anda. Jika anda kesalahpahaman, tentu saja suasana menjadi tidak enak.
- Jangan membuat peraturan yang terlalu rumit. Buat mereka singkat dan simpel. Apapun yang terlalu rumit akan membuat pemain tidak tertarik dan susah dibuat.
- Jika anda berencana untuk mempublikasikan atau menjual permainan anda, pastikan anda tidak terlibat dalam masalah izin dan copyright. Anda mungkin harus memodifikasi permainan anda.
Hal Yang Dibutuhkan
- Dasar dari Board Game – Cardboard, Cardstock, Kotak Pizza lama, atau papan permainan lama anda.
- Lempengan game – gunakan lempengan permainan lama anda atau buat sendiri.
- Dadu atau kartu – anda dapat menggunakan dari permainan lain atau membuatnya sendiri.
- Peralatan menggambar dan mewarani – Spidol, cat, pensil, bolpoin.
- Alat desain – hal print komputer, potongan majalah, foto keluarga.
- Gunting
- Lem atau solatip
- Penggaris
- Buku intruksi
- Cat (Sesuai pilihan anda)