Promosikan pesan sekolah Anda dengan rencana komunikasi kembali ke sekolah yang mengarah kepada berbagi tantangan dan prestasi warga sekolah.

Musim kembali ke sekolah telah berjalan penuh dengan kegembiraan, siswa, orang tua, pendidik, pebisnis, politisi, dan anggota masyarakat lainnya semua mencari sekolah untuk menetapkan tujuan tahun ini. Pemimpin sekolah harus memanfaatkan kesempatan ini untuk menyoroti hal-hal besar yang terjadi di sekolah mereka.

Untuk memandu usaha mereka, para pemimpin sekolah dapat membuat rencana komunikasi Kembali-Ke-Sekolah yang komprehensif. Rencana semacam itu mencakup banyak cara untuk memberi tahu banyak khalayak (seperti keluarga, staf, pembuat kebijakan, dan masyarakat) apa yang sedang terjadi di sekolah Anda, dan mengapa (dan bagaimana) mereka harus mendukungnya.

Beberapa pertanyaan kebutuhan diperlukan untuk mencurahkan waktu berharga dalam komunikasi. Namun, mengingat peran meningkatnya pilihan orang tua dan persepsi publik dalam keputusan pendidikan, penting bagi sekolah untuk menceritakan kisah mereka.

Tuliskan Poin Berbicara

Poin pembicaraan adalah pesan yang ingin Anda kirim: Apa yang Anda ingin masyarakat ketahui?

Poin pembicaraan Anda bergantung pada konteks Anda. Apakah Anda memulai sebuah inisiatif teknologi yang ingin Anda bangun untuk dukungan? Apakah masyarakat peduli dengan keamanan? Apakah sekolah Anda menghasilkan banyak keuntungan? Kenali tantangan dan peluang terbesar untuk sekolah Anda, dan tulis tiga sampai lima poin pembicaraan yang meresponsnya. Kemudian tambahkan support point untuk masing-masing. Buat mereka tetap positif, biarpun mereka membahas topik negatif. (Bingung tentang bagaimana ini terlihat? Download sebuah contoh .)

Anda tidak harus melakukannya sendiri. Bekerjalah dengan guru dan staf, pimpinan dinas, atau pemangku kebijakan didaerah untuk mengembangkan pesan bersama. Ini akan menguatkan pesan Anda ketika disampaikan kepada khalayak.

Kembangkan Strategi

Begitu Anda memiliki poin pembicaraan, putuskan bagaimana Anda akan mengeluarkannya. Berkomitmen untuk tiga sampai lima aktivitas (atau sebanyak yang Anda punya waktu dan sumber daya untuk melakukannya dengan baik) yang dapat menggabungkan poin-poin ini dan menjangkau berbagai khalayak di seluruh komunitas Anda. Pastikan untuk menjadalkan waktu pada kalender Anda untuk melakukan ini.

Apa sebenarnya yang harus dilakukan lagi tergantung konteksnya. Ini beberapa saran saya:

Rancang kemabli bentuk surat dan kalimatnya agar efisien dan edektif : Terkadang surat-surat ini mengandung begitu banyak kebutuhan sehingga menjadi terlalu panjang dan tidak menarik. Pertimbangkan untuk membuat ilustrasi dalam bentuk gambar besar singkat yang menyoroti poin pembicaraan Anda dan lampirkan. Bagikan dengan berbagai cara, termasuk hard copy kepada siswa, email, media sosial, dan situs Anda.

Buat surat tentang masa Kembali-Ke-Sekolah kepada staff: Jangan meremehkan pentingnya komunikasi internal . Selain berterima kasih kepada staf atas pekerjaan mereka, surat ini harus memasukkan poin pembicaraan Anda dan menyerupai pesan yang Anda kirim kepada keluarga dan masyarakat, sehingga setiap orang berada pada visi yang sama. Mintalah staf untuk mendukung prioritas sekolah, baik dari segi pesan maupun inisiatif baru. Tekankan peran penting yang mereka mainkan dalam “Promosi tersembuyi” tentang sekolah Anda saat mereka melakukan percakapan di masyarakat – dan berikan strategi untuk membantu mereka melakukannya.

Undanglah pembuat kebijakan untuk berkunjung : Biarkan pembuat kebijakan (kepala dinas atau lainnya), ketua yayasan, pemimpin organisasi melihat apa yang terjadi di sekolah Anda secara langsung. Saat mengundang mereka, jelaskan apa yang Anda minta untuk mereka lihat: Sebutkan satu sampai tiga hal yang Anda banggakan (seperti program internasional, jalur pendidikan karir / teknik yang diperbarui, atau cara para guru mengintegrasikan teknologi). Singkat, tapi sertakan informasi tentang bagaimana dampak ini terhadap siswa, sehingga mereka tahu bahkan jika mereka tidak berkunjung.

Tulis sebuah pesan komentar tentang Kembali-Ke-Sekolah: Ini bisa dalam bentuk edaran, tulisan di majalah sekolah, tulisan diblog atau website sekolah yang beredar luas. Ini membantu Anda terhubung dengan anggota masyarakat yang tidak memiliki anak di sekolah Anda dan tidak terlibat, namun memungkinkan diminta untuk mendukung sekolah Anda. Jelaskan posisi Anda pada sebuah isu – misalnya, bahwa sekolah Anda melakukan hal-hal hebat atau memerlukan dukungan tambahan dari komunitas Anda.

Buat poster fakta sekolah atau revisi yang sekarang: Hal ini harus mencerminkan cerita yang ingin Anda ceritakan. Berikan pemangku kebijakan masyarakat akses mudah ke informasi seperti misi, pendaftaran, indikator pencapaian, dan titik kebanggaan Anda (seperti penghargaan dan visi utama). Taruh di situs web dan media sosial Anda, kirimkan ke keluarga, bagikan dengan media dan organisasi masyarakat, dan simpan di kantor untuk pengunjung.

Kunjungi Mitra stake holder: Masukkan poin pembicaraan Anda, termasuk meminta dukungan, presentasi kepada mitra sekolah saat ini yang potensial, institusi keagamaan, kelompok layanan sosial, dan pemain komunitas penting lainnya. Jika Anda tidak dapat melakukan presentasi, kirimkan surat singkat dan pribadi ke organisasi masyarakat utama untuk membuat koneksi dan melanjutkan hubungan.

Buat hashtag: Jika komunitas sekolah Anda aktif di media sosial, buat hashtag seperti # [sekolahAnda] baliksekolah atau # hari pertama [sekolahAnda]  (periksa untuk memastikannya tidak digunakan). Publikasikan secara luas Gunakan sendiri untuk berbagi foto dan pemikiran tentang awal sekolah dan poin pembicaraan Anda, idealnya dengan visual yang mendukungnya. Dorong orang lain – termasuk orang tua, siswa, guru, konselor sekolah, dan staf lainnya – untuk menggunakannya juga.

Bagaimana Memulai?
Setelah Anda mengembangkan rencana Anda, jalankanlah. Seperti yang Anda lakukan, ingat rencana Anda hanya itu: sebuah rencana. Gagasan baru mungkin muncul, dan beberapa hal mungkin tidak berhasil – fleksibel dan memanfaatkan setiap kesempatan untuk menceritakan kisah sekolah Anda.