fbpx
Utama

7 TIPS MENJADIKAN PENGELOLAAN KELAS LEBIH BAIK

Yang pertama dan paling dasar kewajiban seorang guru adalah untuk melihat keindahan yang ada dalam setiap siswa. Setiap anak adalah berharga.

Ketika kita mulai dari titik pandang ini, manajemen kelas – dan sisi lain nya, keterlibatan siswa – akan datang lebih mudah. Ini merupakan perkembangan dari siswa bahwa mereka merasa dicintai dan dihormati.

Eduaksi memberikan 7 tips menjadikan pengelolaan kelas lebih baik, berikut tipsnya:

1. Cinta Siswa Anda

Mencintai mereka – dan berdiri tegas terhadap perilaku yang tidak memenuhi harapan Guru atau mencerminkan etika agama dan sosial. Guru sering ingin melakukan internalisasi kepada siswanya, sehingga membuat siswa merasa tertekan, dan itu adalah tugas guru untuk mengingatkan mereka tentang nilai mereka yang tak terbatas dan menghajari mereka mengatasi berbagai informasi yang tidak baik dari sekitar. Nasehati mereka dengan rasa kasih tanpa syarat, ingatkan mereka tentang kebenaran dengan rasa cinta yang tulus.

Siswa mengetahui bagaimana rasa kita kepada mereka.. Jika kita tidak menyukai mereka – atau jika kita melihat mereka sebagai masalah perilaku – mereka tahu itu. Bahkan jika kita tidak mengatakan hal itu, mereka akan tahu itu. Dan kemudian siswa akan membenci kita, karena kita telah gagal untuk melihat keindahan yang ada di dalam anak itu. “Saya telah belajar bahwa orang akan melupakan apa yang Anda katakan, orang akan melupakan apa yang kamu lakukan, tapi orang-orang tidak akan pernah lupa bagaimana kamu memperlakukan mereka.”

2. Beri Asumsi yang Baik pada Siswa Anda

Jika seorang siswa memilih untuk tidak memenuhi salah satu harapan kelas Anda, mereka perlu tahu bahwa Anda mencintai mereka tapi bukan pada perilaku mereka. Mereka perlu tahu bahwa Anda peduli untuk mereka dan tidak akan membedakan apakah mereka miskin atau kaya karena pada akhirnya akan merugikan mereka dan tidak mencerminkan betapa benar-benar indahnya mereka.

Asumsi baik sangat penting untuk mendorong kemajuan siswa. Bukankah dalah agama juga diajarkan untuk selalu berprasangka baik. Oleh karena itu perlakukan seluruh siswa dengan rasa cinta kasih yang sama, namun baritahu mereka tidak dengan perilaku buruk yang akan mereka kerjakan. Dorong anak untuk selalu berasumsi baik seperti anda berasumsi baik kepada mereka..

3. Puji Apapun dan Kapanpun

Memberi perhatian pada hal-hal kecil yang siswa lakukan akan  memenuhi harapan Anda. Dalam berbagai alasan kekuatan ini sangat menakjubkan. Cobalah dua cara berikut:

  •  sampaikan kembali kepada siswa untuk memperkuat harapan anda tentang perilaku yang baik dalam kelas. Peringatkan juga mungkin siswa anda salah mendengar tentang penugasan yang anda berikan, dan beri pujian yang telah mendengarkan dan memperhatikan dengan baik.
  • Sampaikan tanpa bosan tentang harapan Anda dikelas yang anda keloa, dan selalu beri review buat siswa yang kurang, dan sampaikan pujian kepada siswa yang telah benar melakukan sesuai harapan Anda.

Hal ini Asksn mendorong rasa percaya diri siswa dan akan meningkan kemajuan belajar mereka.

4. Lakukan Hal kecil tapi Indah

Ingatlah ketika anda memulai kelas , Anda sebenarnya tengah menciptakan dunia kecil bagi Anda dan siswa Anda. Oleh karena itu buatlah hal-hal kecil menjadi lebih Indah dan akan selalu diingat oleh Siswa Anda dikelas. Dengan begitu akan tercipta kerinduan akan suasana kelas Anda sehingga siswa akan lebih antusias masuk kelas anda dikemudian hari.

5. Identifikasi Diri

Beritahu siswa anda tentang siapa Anda dan mengapa Anda berada di sana. Sebuah kelas dimana setiap siswa sangat mempercayai guru memiliki potensi untuk menjadi lingkungan yang besar dalam belajar. Untuk membangun kepercayaan itu, memberitahu siswa Anda siapa Anda dan mengapa Anda memilih untuk menjadi guru. Beritahu mereka tentang latar belakang Anda, apa yang Anda lakukan ketika Anda seusia mereka, dan mengapa Anda ingin merekamenjadi guru juga. Semakin siswa Anda tahu tentang Anda dan niat Anda, semakin mereka akan mempercayai Anda untuk memimpin mereka.

6. Tempa Identitas Kelas

Mulai tahun dengan menempa identitas kolektif positif sebagai sebuah kelas. Selama beberapa hari pertama, lakukan sering memuji kelas sebagai hubungan kolektif.. Kesatuan kelas sangat dibutuhkan untuk menunjukkan identitras masing-masing kelas. Ini akan memperkuat bagaimana jalan bekerja dalam kelas tersebut. Ini jug akan mempermudah guru dalam mengelola kelas dimasadepannya..

7. Memiliki Rencana

Rencana pelajaran Anda harus jelas. Anda perlu untuk memulai setiap hari dengan kejelasan tentang apa yang siswa harus tahu dan dapat melakukan pada akhir periode kelas, dan setiap detikdari hari kehari harus anda lakukan untuk mewujudkanb tujuan dari rencana yang sedang Anda buat.

Selain kejelasan tentang pengetahuan siswa dan prestasi, Anda harus memiliki rasa yang jelas tentang perilaku yang Anda harapkan di setiap titik di periode kelas. Ketika Anda melihat mereka membuat pilihan untuk berperilaku seperti yang Anda harapkan pujilah dan hargai, dan jika anda menemui mereka melenceng dari harapan Anda perlakukan dengan penuh cinta kasih dalam memperingatkannya.

Mungkin Anda memiliki wacana lain dalam pengelolaan keloas, silahkan beri komentar dibawah.

Dalam
Show More

Tulisan Terkait

Back to top button
Close
Close
%d blogger menyukai ini: