fbpx
SekolahUtama

Pendidikan 4.0 , Apa itu?

Era kelas digital, robot pembantu dan ujian online, bukanlah hal yang mustahil untuk diwujudkan dan bisa didapat pada era Pendidikan 4.0.

Pendidikan 4.0 bisa dikatakan sebagai masa depan pendidikan – dan siap untuk mengubah bagaimana konsumsi informasi berubah secara dramatis, Pendidikan 4.0 dapat melengkapi fenomena penetrasi digital di kehidupan kita sehari-hari.

Apakah Pengaruh penuh Digital?

Dengan bantuan pendidikan 4.0, siswa akan dipersiapkan untuk menghadapi tantangan digital secara langsung. Inti dari fenomena ini adalah kreativitas yang tentu saja akan memungkinkan siswa untuk membuka jalan keluar bagi mereka dari berbagai tantangan perkembangan. Mari kita jelajahi ruang lingkupnya dalam perjalanan artikel ini.

Kita mulai dengan mengatakan bahwa fenomena saat ini merupakan tantangan yang tidak hanya berfokus pada apa yang diajarkan tetapi juga cara pengajarannya. Model pendidikan sepenuhnya didasarkan pada kebutuhan untuk memenuhi kebutuhan masa depan – ini sejalan dengan tren masa depan.

Apa itu Pendidikan 4.0 ?

Pendidikan 4.0 (education 4.0) adalah istilah umum yang digunakan oleh para ahli teori pendidikan untuk menggambarkan berbagai cara untuk mengintegrasikan teknologi cyber baik secara fisik maupun tidak ke dalam pembelajaran. Ini adalah lompatan dari Pendidikan 3.0 (efucation 3.0) yang menurut Jeff Borden, Education 3.0 mencakup pertemuan ilmu saraf, psikologi kognitif, dan teknologi pendidikan, menggunakan teknologi digital dan mobile berbasis web, termasuk aplikasi, perangkat keras dan perangkat lunak, dan “hal lain dengan e di depannya. Pendidikan 4.0 jauh diatas hal tersebut dan dalam beberapa hal, pendidikan 4.0 adalah fenomena yang merespons kebutuhan munculnya revolusi industri keempat (4 IR) atau (RI 4) dimana manusia dan mesin diselaraskan untuk mendapatkan solusi, memecahkan masalah dan tentu saja menemukan kemungkinan inovasi baru.

Revolusi Industri Keempat (4IR) diumumkan di Davos pada tahun 2016, berbagai elemen terkait dengan dimensi baru ini telah berlangsung selama hampir satu dekade. Istilah ini mendapat publisitas luas ketika Kanselir Jerman Angela Merkel disorot di Hanover Fair pada tahun 2011, kemunculan Industri 4.0 membuat manufaktur Jerman lebih kompetitif.

Perjalanan Munculnya Revolusi Industri 4.0

Industri 1.0: (1784): Berdasarkan peralatan produksi mekanik yang digerakkan oleh tenaga air dan uap.

Industri 2.0: (1870): Berdasarkan produksi massal yang dimungkinkan oleh pembagian kerja dan penggunaan energi listrik.

Industri 3.0 (1969): Berdasarkan penggunaan elektronik dan TI untuk lebih mengotomatisasi produksi.

Industri 4.0 (hari ini): Berdasarkan penggunaan sistem cyber-fisik.

Alasan untuk mengatakan bahwa revolusi industri keempat mulai masuk secara penuh hari ini adalah karena fakta bahwa kecepatan dan dampak terobosan saat ini tidak seperti sebelumnya. Inovasi dan kemajuan di mana-mana dipimpin oleh kemunculan kuat bidang seperti Kecerdasan Buatan, Robotika, halaman Internet, Kendaraan Robot, Bioteknologi, Nanoteknologi, Pencetakan 3-D, Ilmu Material, Komputasi Quantum dan Penyimpanan Energi. Dampak dari terobosan semacam itu begitu pesat sehingga revolusi industri keempat berkembang dengan kecepatan yang eksponensial, dan mengganggu hampir semua industri.

Karena menghadapi berjalannya RI 4.0 tersebut maka dunia pendidikan juga harus mengantisipasi dan mulai lebih awal dengan Pendidikan 4.0 sebuah langkah kecil untuk memenuhi tujuan tersebut.

Pendidikan tidak terbatas pada kelas.

Pendidikan 4.0 berkembang pada premis dasar. Ruang kelas online telah memfasilitasi pembelajaran dengan lebih banyak cara daripada yang pernah kita bayangkan.

Pendidikan sekarang dipandang lebih sebagai proses seumur hidup daripada ritual yang berorientasi pada kelas atau dalam hal ini hanya sekedar batu loncatan ke dunia profesional. Peserta didik dan pendidik sekarang akan mencari cara untuk mendefinisikan kembali cara-cara di mana pembelajaran selalu mempengaruhi kehidupan mereka.

Pendidikan 4.0 memang masih didepan pintu, namun ini adalah peluang sekaligus tantangan bagi sekolah yang siap menembuh masa depan lebih dulu. Dan Siapakah Pemain-perubahan menyangkut pendidikan 4.0? Apakah sekolah Anda atau sekolah lain yang kebih dulu.

Yang terpenting adalah bagaimana sekolah menyiapkan untuk memasuki babak baru dunia pendidikan yang berubah begitu cepat.

Ada saran, atau Anda bisa bagikan tulisan ini.

Dalam
Show More

Tulisan Terkait

Back to top button
Close
Close
%d blogger menyukai ini: