fbpx
BlogFeatured

Mengenal Konsep Project-based Learning

Pada Hari Pendidikan Nasional (2/5/2020) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim memberikan 7 tips mengajar di masa pandemi Covid-19. 7 tips itu yakni:

  1. Jangan stres
  2. Mencoba membagi kelas menjadi kelompok yang lebih kecil
  3. Mencoba Project-based Learning
  4. Alokasikan lebih banyak waktu bagi yang tertinggal
  5. Fokus kepada yang terpenting
  6. Sering “nyontek” antar guru
  7. Have fun

Pada artikel ini akan diulas mengenai tips ketiga, yaitu mencoba Project-based Learning. Model Project-based Learning (PjBL) adalah model pembelajaran yang melibatkan keaktifan peserta didik dalam memecahkan masalah, dilakukan secara berkelompok/mandiri melalui tahapan ilmiah dengan batasan waktu tertentu yang dituangkan dalam sebuah produk untuk selanjutnya dipresentasikan kepada orang lain.

Karakteristik PjBL antara lain:

Penyelesaian tugas dilakukan secara mandiri dimulai dari tahap perencanaan, penyusunan, hingga pemaparan produk;
Peserta didik bertanggung jawab penuh terhadap proyek yang akan dihasilkan;
Proyek melibatkan peran teman sebaya, guru, orang tua, bahkan masyarakat;
Melatih kemampuan berpikir kreatif; dan
Situasi kelas sangat toleran dengan kekurangan dan perkembangan gagasan.

Mendikbud Nadiem Makarim menyarankan agar pengajar mencoba Project-based Learning di masa pandemi Covid-19.

“Untuk tips ketiga, cobalah Project-based Learning. Belajar dari rumah bukan berarti harus belajar sendiri. Kalau kelas seperti yang sebelumnya saya bilang sudah dibagi menjadi kelompok yang lebih kecil, para pengajar bisa memberikan group project assignment. Dengan ini murid-murid itu belajar untuk bertanggung jawab dalam grup yang lebih besar. Angka mereka terikat satu sama lain. Dan ini menciptakan suatu tantangan, kolaborasi, mereka ‘terpaksa’ untuk bekerja sama. Dan ini melatih empati mereka dan juga kemampuan mereka untuk mendorong sesama,” jelas Mendikbud di Jakarta, Sabtu (2/5/2020).

Mendikbud Nadiem percaya dengan Project-based Learning, asas gotong royong akan mewujud dalam kegiatan belajar mengajar.

“Secara otomatis salah satu profil yang terpenting untuk para siswa adalah asas gotong royong mereka itu terbentuk. Nah jadi membagi kelas dalam kelompok kecil ini sebenarnya membuka banyak sekali kesempatan untuk Project-based Learning yang luar biasa. Dan ini enggak akan langsung lancar, saya jamin. Tapi harus mulai dicoba. Jangan remehkan kemampuan anak untuk mengatur dirinya jika mereka saling bergantung pada murid lainnya. Pasti banyak guru dan orang tua yang terkejut melihat level motivasi mereka yang meningkat,” tutur Mendikbud Nadiem Makarim.

Dalam
Show More

Tulisan Terkait

Back to top button
Close
Close
%d blogger menyukai ini: