fbpx
BlogFeaturedKesehatan Guru

Memprioritaskan Mejaga Diri Saat Bekerja Dari Rumah

Para guru yang menyesuaikan diri dengan pengajaran dari rumah sementara sekolah ditutup mungkin perlu menyusun rutinitas baru untuk tetap membumi.

Sebagai seorang guru yang memiliki jam online selama bertahun-tahun, saya telah lama bergulat dengan bekerja dari rumah. Apakah kita sedang merencanakan dan mengajar secara virtual atau mengelola proyek, bekerja dari rumah untuk waktu yang lama dapat menjadi tantangan karena waktu kerja menyatu dengan waktu pribadi. Terlalu mudah untuk menerima panggilan 24/7 saat kami mengatasi tantangan yang muncul dan permintaan dari pebelajar di mana saja dan kapan saja.

Tetapi menetapkan batasan yang memisahkan waktu kerja dari waktu pribadi merupakan langkah pertama. Untuk membantu dan mendukung orang lain, kita harus menjadi pengasuh diri kita sendiri.

Perawatan kesehatan pribadi kita tampaknya penting tetapi juga sangat sulit dalam situasi seperti pandemi saat ini, ketika waktu kita terasa dihabiskan dengan masalah pekerjaan yang mendesak. Kita mungkin merasa bahwa jika kita tidak menyelesaikan tugas, siswa kita akan menderita atau program akan gagal. Namun, jika kita menjadi lelah secara mental, lelah, atau kehabisan energi, kita berisiko dimatikan total secara mental atau fisik — dan pada saat itu, tidak ada tugas yang akan dilakukan.

Untungnya, ada banyak cara agar kita dapat menjaga diri kita sendiri sehingga kita dapat memenuhi kebutuhan orang lain dari rumah. Berikut ini adalah saran saya untuk perawatan pribadi dan berbagi dengan orang lain. Itu hanya saran: Yang paling penting adalah memikirkan tiga bidang — perawatan fisik, mental, dan sosial — dan lakukan apa yang paling baik untuk Anda dan apa yang Anda tahu dapat Anda lakukan secara teratur.

PERAWATAN FISIK: TIDUR DAN OLAHRAGA

Mengurus kebutuhan dasar penting untuk mengelola stres dan mengisi kembali cadangan energi yang dibutuhkan untuk menangani tugas. Sejumlah penelitian memperkuat nilai tidur yang cukup — tujuh hingga delapan jam semalam untuk orang dewasa. Salah satu nilai tidur adalah membantu ” mempertahankan banyak fungsi vital ” tubuh, memberikan sel dan jaringan yang aus pada waktu hidup sehari-hari untuk pulih, menurut sebuah tinjauan penelitian oleh Divisi Kedokteran Tidur di Harvard Medical School.

Pasangkan tidur dengan kebiasaan makan yang baik dan rutin berolahraga. Bukan rahasia lagi bahwa olahraga dapat meningkatkan kualitas tidur , serta menyediakan energi yang dibutuhkan untuk melakukan sepanjang hari.

Gagasan sederhana untuk mendapatkan tidur yang lebih baik dan olahraga teratur meliputi:

Pertahankan rutin yang mencakup waktu tidur yang konsisten. Rencanakan untuk mendapatkan istirahat yang Anda butuhkan sehingga setiap hari Anda dapat memenuhi kebutuhan siswa Anda dengan lebih baik.
Jelajahi aplikasi tidur yang menawarkan data waktu nyata mengenai jam dan pola tidur Anda. Aplikasi bervariasi dalam akurasi, tetapi mereka dapat menangkap gambar kedalaman tidur dan bangun Anda. Situs Tom’s Guide menawarkan daftar aplikasi tidur yang diperbarui . Sleep Cycle adalah tujuan saya saat ini. Beberapa band kebugaran termasuk pelacakan tidur.

Tetapkan jadwal latihan. Ini bisa termasuk keberhasilan cepat seperti berjalan atau naik sepeda. Saya terkadang berjalan naik dan turun tangga di rumah saya selama 30 menit atau naik sepeda stasioner. Terlalu sibuk? Sisihkan 15 atau 20 menit sehari untuk berjalan atau berjalan di dalam atau di luar.

Cobalah aplikasi kebugaran seperti DownDog dan Peloton, video YouTube, atau game konsol kebugaran seperti Just Dance atau Ring Fit Adventure. Fitur tambahan dari banyak aplikasi kebugaran adalah kemampuan untuk mendokumentasikan asupan makanan Anda, yang dapat menjadi penting terutama jika Anda khawatir tentang stres makan.
PERAWATAN MENTAL: PERHATIAN DAN PEMBELAJARAN
Atur waktu untuk bekerja dan keluarga — tetapi juga untuk diri Anda sendiri. Orang yang dicintai melihat Anda di rumah bekerja dan tentu saja ingin waktu Anda. Bagikan makanan dan jalan-jalan, atau istirahat lain dari pekerjaan, tetapi sementara keluarga dan rekan kerja sama-sama membutuhkan perhatian Anda, melindungi waktu pribadi dapat membantu Anda memulihkan tenaga dan hadir untuk mereka.

Jadwalkan kegiatan yang mempromosikan ketenangan: bermeditasi, tumbuh secara spiritual, melakukan yoga, menyelesaikan teka-teki, atau bermain game digital atau fisik. Saya bermain Minecraft untuk bersantai dan secara tidak sadar menghasilkan ide untuk pembelajaran kreatif. Ada beberapa aplikasi bermanfaat yang mendukung pemikiran Zen — favorit saya adalah Tenang.

Cobalah terus belajar dengan membaca artikel, mendengarkan podcast atau daftar putar favorit, dan menonton video instruksional. Menumbuhkan praktik profesional dan hobi Anda sangat berharga untuk meremajakan diri sendiri.

PERAWATAN SOSIAL: TETAP TERHUBUNG DENGAN ORANG LAIN

Guru pada umumnya sangat mampu melacak waktu di kelas, tetapi kita mungkin lebih tertantang ketika bekerja di rumah. Antara perencanaan pelajaran, meneliti pengalaman belajar, dan menghadiri pertemuan profesional, adalah mungkin untuk lupa makan dan tetap terhubung dengan teman dan keluarga. Karena kekuatan pembelajaran virtual adalah akses ke dunia, gunakan sumber daya yang sama untuk pertumbuhan pribadi.

Tetap terhubung dengan keluarga dan teman-teman dengan menggunakan alat konferensi video seperti Zoom, Google Hangout, Skype, WhatsApp, dan FaceTime. Rapat video lebih baik daripada panggilan telepon — ketika Anda memiliki koneksi yang baik — karena Anda dapat melihat orang-orang. Komunikasi lebih dari suara – itu manfaat dari ekspresi wajah dan isyarat visual lainnya.

Nikmati makanan dan percakapan online dengan keluarga dan teman. Setiap hari Selasa, keluarga saya makan siang bersama orang tua saya menggunakan FaceTime atau Zoom di ponsel atau tablet. Melihat satu sama lain dan berbagi pembaruan benar-benar membangkitkan semangat orang tua dan anak-anak saya. Ada jalan lain untuk bersosialisasi dari jauh: Berpartisipasi dalam kelompok diskusi atau klub buku. Anda mungkin benar-benar mendapat manfaat dari melihat senyum, meskipun itu hanya di layar. Jarak sosial tidak harus berarti isolasi sosial.

Kami adalah teladan bagi siswa dan anak-anak kami, dan kami dapat memberikan contoh dan mempraktikkan apa yang kami ajarkan tentang pembelajaran seumur hidup — yang sekarang lebih penting daripada sebelumnya. Mengelola kesejahteraan fisik, mental, dan sosial kita dapat memberi kita energi untuk hadir bagi mereka yang bertanggung jawab dan memberi contoh bagi mereka tentang cara mengatasi situasi sulit kita saat ini.

Dalam
Show More

Tulisan Terkait

Back to top button
Close
Close
%d blogger menyukai ini: