fbpx
FeaturedGuru PembelajarPengembangan Guru

Guru Era 4.0 masih menggunakan power point?

Long life learning menjadi tuntutan bagi setiap orang agar pengetahuan dan keterampilannya terus terjaga meski perubahan zaman terjadi begitu cepat dan dinamis.

Dalam hal itu, maka guru pun sebagai bagian dari sosok yang memiliki peran penting di masyarakat perlu senantiasa mengupgrade diri dan terus belajar agar mampu menghadapi tantangan perkembangan zaman. Guru yang selalu mengupgrade diri dan terus belajar dikenal dengan sebutan *guru pembelajar.*

Menjadi guru pembelajar sangat penting di era revolusi industri 4.0 ini, karena pada era ini informasi dan teknologi terus berkembang secara pesat. Jika tidak diimbangi dengan kemauan untuk terus belajar, maka proses pendidikan yang diselenggarakan oleh guru bisa saja terhambat dan tidak berkembang.

Pesatnya perkembangan pemanfaatan IT/TIK dalam proses pembelajaran perlu diimbangi dengan kemampuan seorang guru dalam bidang tersebut. Oleh karena itu menjadi guru pembelajar menggunakan IT/TIK sangat dianjurkan agar bisa menghadirkan pembelajaran yang variatif dan inovatif.

Namun demikian era 4.0 menuntut guru tidak hanya merubah cara mengajar tradisional menjadi modern hanya dengan berpindah dari menulis dipapan ke presentasi power point dan membuat file pdf saja. Ini tentu akan menjadi ketertinggalan tersendiri. Sebab era kini menuntut pembelajaran yang mengkonstruksi siswa.

Ada 5 hal setidaknya yang musti dilakukan oleh guru diluar penggunaan power point dan file pdf.
1. Menstimulasi siswa diawal pembelajaran dengan memberi informasi kaitan materi pelajaran dengan perkembangan saat ini dan masa depan.
2. Memberi tantangan dan pertanyaan menantang diawal pelajaran untuk menggugah keingintahuan siswa hingga mereka mau mencari, menemukan, dan menyelesaikan sebuah masalah atau proyek.
3. Melibatkan siswa dengan berbagai media pelajaran yang dibawa oleh guru, agar siswa mengamatinya, menelaah dan mengetahuinya.
4. Mengorganisasi siswa pada langkah berikutnya baik individu maupun kelompok untuk melakukan aktifitas penggalian gagasan, menulis rangkaian proses kerja dan menemukan cara mewujudkan atau menyelesaikan sebuah masalah.
5. Mengajak siswa langsung beraktifitas praktek baik individu maupun kelompok untuk memulai proses menanamkan kompetensi penting yang dibutuhkan pada abad 21 yaitu: (1) critical thinking, (2) creativity, (3) collaboration dan (4) communication.
6. Memberi pujian dan penghargaan kepada siswa yang berani bertanya dan menyampaikan gagasan.
7. Memberi kesimpulan diakhir pelajaran dan memotivasi siswa untuk melanjutkan proyeknya, serta memberi informasi menarik berkaitan dengan materi selanjutnya.

Nah apakah Anda sudah melakukannya? Bila belum mari bersama duduk dan menyusun kembali bagaimana proses yang akan kita berikan keoada siswa agar mereka menjadi pemenang dimasa depan.
____
Apa yang perlu sekolah dan guru siapkan? So apa kira-kira trend lainnya dimasa depan dalam dunia pendidikan
Nah tunggu ya… Insya Allah akan disambung pada tulisan berikutnya.
_________
Chapter 1: Melihat Kembali Peran Sekolah – Mengapa Berubah ?
dari buku *School by Design* 2008
By Musthofa Agus
————————————-

Beranda

Dukung gerakan pejuangkebaikan.com gabung di
https://pejuangkebaikan.com
pelajari disini https://goo.gl/V9JNhy

Bila ingin membagi kebaikan , gabung sama pejuangkebaikan.com untuk menggembirakan para dhuafa muslim minoritas di berbagai negara dan Kebaikan di Indonesia.
#pejuangkebaikan

Dalam
Show More

Tulisan Terkait

Back to top button
Close
Close
%d blogger menyukai ini: