fbpx
BlogTechnologyTren Pendidikan

Bahaya menanti saat memakai aplikasi Zoom

Wabah virus corona covid-19 membuat popularitas perangkat rapat online, aplikasi Zoom meningkat tajam. Namun ada bahaya yang mengintai ketika pakai aplikasi zoom yang diberi nama Zoombombing.

Zoombooming merupakan aksi pembajakan yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak dikenal dan troll yang memuntahkan ujaran kebencian atau berbagai gambar grafik.

Banyaknya aksi Zoombombing dalam sepekan terakhir membuat Federal Bereau of Investigation atau Biro Investigasi Federal Amerika (FBI) telah mengeluarkan peringkatan akan acaman ini.

Dalam rilis resminya FBI mengatakan telah menerima “beberapa laporan” soal panggilan konferensi video yang diganggu oleh “gambar-gambar pornografi dan/atau ujaran kebencian dan ancaman,” ujar FBI seperti dilansir dari CNN International, Jumat (3/4/2020).

FBI mengutip dua insiden zoombooming di sekolah-sekolah di Massachusetts baru-baru ini, di mana ada seorang yang tidak dikenal masuk ke kelas online sekolah menengah dan meneriakkan kata-kata kotor dan mengungkap alamat rumah guru.

Adanya Zoombombing tentu membuat banyak pihak mempertanyakan kebijakan privasi aplikasi ini karena orang tak diundang bisa masuk ke sebuah rapat online dan melakukan keonaran.

Juru bicara Zoom mengatakan menghargai semua upaya untuk meningkatkan kesadaran dan cara terbaik untuk mencegah serangan semacam ini.

“Kami sangat sedih mendengar tentang insiden ini dan mengutuk perlaku tersebut,” ujarnya.

Manajemen Zoom mengatakan mulai secara aktif mendidik pengguna tentang bagaimana mereka dapat melindungi pertemuan mereka dan membantu mencegah insiden pelecehan tersebut kembali terjadi.

Dalam
Show More

Tulisan Terkait

Back to top button
Close
Close
%d blogger menyukai ini: