fbpx
BlogGuruGuru PembelajarPBLPembelajaran OnlineSTRATEGI PEMBELAJARAN

Bagaimana Guru Dapat Mendukung PBL di Rumah

Kiat dan proyek yang dapat dibagikan guru dengan orang tua dan wali untuk membimbing anak-anak di kelas apa pun melalui pembelajaran berbasis proyek — dengan atau tanpa teknologi.

Dengan ditutupnya sekolah karena pandemi Covid-19, guru yang menggunakan pembelajaran berbasis proyek (PBL) menemukan cara untuk menjaga agar belajar jarak jauh dapat tetap berjalan. Mereka melakukan proyek melalui Google Meet, email, Google Documents, dan banyak lagi jika siswa mereka memiliki teknologi dan akses internet. Tetapi bahkan ketika mereka tidak melakukannya, masih mungkin bagi siswa untuk melakukan PBL di rumah.

Dalam situasi apa pun, guru memikirkan cara-cara yang dapat dilakukan orang tua dan pengasuh agar PBL berfungsi. Saya telah mencoba memncari strategi untuk melihat bagaimana kita dapat melibatkan orang tua dan pengasuh ke dalam pendidikan anak-anak mereka. Dan saya menemukan beberapa ide.

KLARIFIKASI (DAN TURUNKAN) HARAPAN

Pertama, yakinkan orang tua bahwa mereka tidak diharapkan menjadi guru. Sebagian besar dari mereka tidak tiba-tiba bisa bersekolah di rumah, apakah mereka masih harus pergi bekerja, diberhentikan, atau mencoba bekerja dari rumah.

Jadi biarkan orang tua dan wali tahu apa yang akan Anda lakukan untuk mendukung pekerjaan siswa dalam proyek, pastikan mereka tahu bagaimana berkomunikasi dengan Anda, dan biarkan mereka bebas sejauh yang Anda bisa. Jika berlaku, beri tahu mereka jenis teknologi apa yang akan Anda gunakan dan alat teknologi apa yang mungkin digunakan anak-anak mereka.

Untuk keluarga yang tidak memiliki akses ke teknologi atau internet, yakinkan mereka bahwa semua anak mereka mungkin perlu adalah smartphone, atau beberapa perlengkapan seni dasar atau bahan untuk membuat sesuatu, atau hanya pena dan kertas. Saya punya ide di bawah ini untuk proyek teknologi rendah atau tanpa teknologi yang dapat dilakukan di rumah.

JELASKAN MANFAAT MELAKUKAN PBL DI RUMAH

Sebagai alternatif untuk lembar kerja dan pembelajaran online, ada kemungkinan orang tua akan menyambut apa pun yang membuat anak-anak mereka menjauh dari layar dan membuat mereka tetap aktif — seperti yang dapat dilakukan PBL. Proyek adalah cara yang bagus untuk membuat anak-anak tetap terlibat dalam pembelajaran otentik dan membangun keterampilan yang bermanfaat.

Anda juga dapat menunjukkan bahwa proyek merupakan peluang yang baik bagi keluarga untuk melakukan berbagai hal bersama. Sebaliknya, proyek dapat menjadi peluang yang baik bagi anak-anak untuk melakukan berbagai hal secara mandiri, jika itu yang kadang-kadang dibutuhkan keluarga selama kurungan panjang di ruang hidup yang sama.

JELASKAN BAGAIMANA MENDUKUNG ANAK-ANAK MEREKA

Saya bertanya coba berikan tiga tips tentang bagaimana orang tua dan pengasuh dapat membantu anak-anak mereka berhasil jika Anda menugaskan PBL untuk melakukannya di rumah:

  1. Temukan area ruangan dan atur untuk ruang belajar dan mengerjakan tugas sekolah, meskipun itu sudut ruangan.
  2. Siswa dapat terhubung satu sama lain dengan kakak kelas, tetangga, sepupu, atau keluarga lain melalui berbagai aplikasi video call atau aplikasi lain untuk membantu pekerjaan mereka. Mereka dapat menunjukkan  apa yang mereka tulis atau buat hari ini, dan ini adalah kesempatan bagi mereka untuk melatih keterampilan presentasi mereka dan mengajukan pertanyaan serta mendapatkan umpan balik.
  3. Bantu siswa mempelajari keterampilan manajemen diri dengan membuat jadwal harian dan mingguan, dan mematuhi tenggat waktu.

SARANKAN GAGASAN UNTUK PROYEK YANG DAPAT MEREKA LAKUKAN DI RUMAH

Jika orang tua dan pengasuh mencari proyek yang dapat mereka lakukan sendiri dengan anak-anak mereka, berikut adabeberapa proyek dari perpustakaan proyek PBLWorks yang dapat mereka sesuaikan:

Rain or Shine
Merawat Lingkungan Kita  
Museum Bentuk  
Storytime Channel 
Shrinking Our Footprints  
Daftar Putar Sastra
Kotak ke Keanekaragaman Hayati  
Perencanaan untuk Berkembang

Berikut adalah beberapa ide untuk proyek di rumah, baik dengan dan tanpa teknologi

  • “Hasilkan dan bagikan video ‘acara memasak’ dan rencanakan menu sehat.”
  • “Meneliti topik yang menarik (dengan membaca, online, atau berbicara dengan atau menelepon orang) dan membaginya dengan orang atau kelompok tertentu, dengan membuat karya seni, model 3D, tulisan, karya musik, poster, atau video PSA yang diposting di Instagram atau outlet media sosial lainnya. “
  • “Merencanakan dan menjalankan kelas olahraga untuk keluarga.”
  • “Ubah setiap tantangan keluarga yang muncul menjadi proyek keluarga; simpan daftar pertanyaan dan temukan solusinya bersama. “
  • “Sebuah keluarga bisa melakukan ‘jalan-jalan ajaib’ di sekitar lingkungan dan mencatat pengamatan, pertanyaan, dan keingintahuan.”
  • “Suruh anak-anak merancang habitat kebun binatang untuk hewan favorit mereka, menggunakan Lego, cat, spidol, dll. Pertama, amati Cams hidup binatang yang disiarkan dari Kebun Binatang San Diego , dan kemudian minta mereka meneliti lingkungan tempat kehidupan binatang favorit mereka . “
  • “Libatkan anak-anak dalam merencanakan proyek dengan pertanyaan membimbing ini: Bagaimana kita bisa membuat sekolah di rumah?”
Dalam
Show More

Tulisan Terkait

Back to top button
Close
Close
%d blogger menyukai ini: