fbpx
BlogPengembangan GuruTeknologi BantuTutorial

7 Tips Google Calendar untuk Mengelola Manajemen Waktu di Kantor

Dengan Google Kalender, Anda dapat menjadwalkan rapat dan acara dengan cepat serta mendapatkan pengingat tentang aktivitas yang akan datang, sehingga Anda mengetahui rencana kegiatan berikutnya kapan saja. Kalender dirancang untuk tim, sehingga memudahkan Anda berbagi jadwal dengan orang lain dan membuat beberapa kalender yang dapat digunakan bersama oleh Anda dan tim.

Berikut ada 7 tip mengelola waktu dengan google Kalender

1. Kirim undangan acara terperinci melalui kalender Google

Kirim undangan acara terperinci melalui kalender Google (Foto: Lpgawomensnetwork)
Google Calendar membantu sekolah dalam menysun jadwal kegiatan dan acara lainnya. Seperti kegiatan rapat, diskusi, kajian, atau yang lainnya. Untuk melakukannya, dengannya detil acara dapat ditambahkan seperti kapan, dimana, siapa saja yang di undang bahkan mnyertakan file undangan atau poster acara.

langkahnya membuat:

1. Akses Calendar dari menu enam kotak bersusun atas bawah di sebelah foto profil akun Gmail.

2. Cari tanggal penyelenggaraan event, guna memunculkan jendela pop up untuk menyimpan informasi acara, atau Anda dapat menekan ikon lingkaran merah dengan isi tanda tambah di sudut kanan bawah.

Pelajari tutorial lengkap disini

2. Dapatkan pemberitahuan tentang jadwal yang sudah disusun

Melalui Google Calendar, anggota sekolah dapat dengan mudah mengetahui jadwal kegiatan berikutnya. Ini adalah fitur yang ditawarkan Google Calendar labs yang memudahkan dalam mengingat jadwal acara yang sudah dirancang di masa depan.

Fitur ini pada dasarnya membantu menghitung mundur agenda sekolahyang akan dilakukan di masa depan. Anggota sekolah cukup membuka pengaturan konsol kalender. Gulir ke bawah dan aktifkan agenda berikutnya lalu tekan simpan. Notifikasi akan muncul beberapa waktu sebelum kegiatan selanjutnya dimulai.

Pelajari tutorial lengkap disini

3. Terima email berisi tugas harian

Dengan cara ini Anggota sekolah akan lebih fokus dan berorientasi pada tujuan dengan agenda harian. Pada pukul lima pagi, Anggota sekola akan menerima daftar tugas yang akan akan dilakukan sepanjang hari dari Google Calendar.

Untuk mengaktifkannya, klik kalender lalu klik edit pemberitahuan. Di bagian bawah halaman, dapat menemukan sejumlah agenda harian yang telah disusun sebelumnya. Aktifkan setiap agenda dengan memberi tanda di kotak tugas harian yang ada di bar sebelah kiri. Dengan cara seperti itu, Google Calendar akan menampilkan agenda penting yang harus dilakukan dalam, misalnya, seminggu.

Klik setiap agenda yang sudah disusun, kemudian kirim pemberitahuan mengenai agenda melalui email. Orang yang menerima email akan memperoleh notifikasi tentang tugas yang harus dilakukan hari itu.

Pelajari tutorial lengkap disini

4. Hubungkan kalender dengan Gmail

Sekolah tidak perlu bolak-balik membuka tab Google Calendar dan Gmail hanya untuk melihat jadwal yang sudah disusun. Anggota sekolah bisa membuka Calendar langsung di jendela Gmail. Cara ini lebih efisien bagi profesional yang menginginkan integrasi antar aplikasi yang memudahkannya menggenjot produktivitas.

Di Gmail, opsi ini tersedia di bar Gmail sebelah kanan, dimana Anggota sekolah bisa melihat tiga baris ikon vertikal yang berisi Calendar, Keep, dan Tasks. Pilih ikon Calendar, dan kolom vertikal yang terbuka setelahnya akan memperlihatkan sejumlah jadwal yang sudah kamu susun lewat Google Calendar.

5. Atur waktu kerja

Untuk pengguna G Suite, Google Calendar bisa digunakan untuk mengelola jam kerja. Fitur jam kerja memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan hari kerja sehari-hari. Sejauh ini fitur baru tersebut hanya memungkinkan Anggota sekolah menetapkan waktu mulai dan berakhirnya jam kerja dari Senin hingga Jumat.

6. Lihat zona waktu tak terbatas

Jika Anggota sekolah ingin melihat lebih dari dua zona waktu sekaligus, Google Calendar jawabannya. Anggota sekolah dapat melakukannya dengan menggunakan jam dunia. Fitur ini merupakan bagian dari eksperimen Google Calendar Labs. Cukup pilih menu lab dan aktifkan jam dunia. Anggota sekolah dapat melihatnya di sisi kanan kalender. Pilih pengaturan lalu klik zona waktu yang ingin kamu lihat lalu tekan simpan.

7. Biarkan daftar pekerjaan mengikutimu

Anggota sekolah dapat menggunakan fitur yang ada di bagian bawah kalender sebagai daftar yang harus dilakukan seperti aktivitas kecil atau sebagai pengingat sederhana. Fitur ini juga bisa disinkronkan dengan akun Gmail.

Untuk mengaksesnya, cukup klik task dan selanjutnya sejumlah daftar tugas akan muncul di bagian kanan kalender. Untuk menambahkan tugas baru, klik bagian mana saja dalam daftar dan tekan enter.

Anggota sekolah dapat menambahkan lebih banyak detail informasi tugas dengan mengkelik tanda panah. Selain itu, kamu juga dapat memaksimalkan fitur ini hanya dengan menjelajahi tombol di bagian bawah taskbar.

Itu dia 7 tips Google Calendar yang dapat kamu terapkan dalam mengelola manajemen waktu di kantor. Selamat mencoba!

Dalam
Show More

Tulisan Terkait

Back to top button
Close
Close
%d blogger menyukai ini: